Belajar baca kata2 berbahasa jerman

July 30, 2009 at 11:22 am 3 comments

Mari belajar bahasa Jerman bersama gw hehehe.. btw jgn berharap terlalu banyak dr gw! Secara semua orang dah tau kalo gw dodol, so bukan ga mungkin ntar ngajarin jerman nya juga dodol, alias seenak jidat! Anda tidak berminat?? Yeah, I already knew that! Qta mulai dari basic nya basic (Hwee?? Apaan tuh!) yaitu belajar baca kata-kata berbahasa Jerman, tenang aja mirip-mirip kok sama bahasa Indonesia, yaitu: hampir smua huruf dibaca apa ada nya, gampang kan?! Palingan ada beberapa yg agak beda, yaitu:

1. “ei” dibaca “ai” contoh: drei (arti: tiga) dibaca “dray”
2. “eu” dibaca “oi” contoh: neu (arti: baru) dibaca “noy”
3. “ie” dibaca “ii” contoh: vier (arti: empat) dibaca “viir” jadi huruf i-nya dibaca panjang
4. “β” dibaca “ss” contoh: heiβen (arti: bernama) dibaca “haysen”
5. “ü” namanya u-umlaut dibaca mirip “u” kearah “o” harus sambil monyong & suaranya agak ditelen. Contoh: Tür (arti: pintu)
6. “ö” namanya o-umlaut dibaca mirip “o” kearah “u” harus sambil monyong & suaranya agak ditelen. Contoh: Öl (arti: minyak)
7. “ä” namanya a-umlaut dibaca “e” contoh: Hände (arti: tangan2) dibaca “hende”
8. “sch” dibaca “sy” contoh: Schere (arti: gunting) dibaca “syere”
9. “ch” dibaca “h” contoh: ich (arti: saya) dibaca “ih”
10. huruf “h” yg terletak dibelakang huruf vocal, TDK DIBACA! Sebagai gantinya, huruf vocal nya dibaca panjang, contoh: Lehrer (arti: guru) dibaca “leerer”
11. huruf “J” dibaca “Y” contoh: ja (arti: iya) dibaca “ya”
12. huruf “S” kalo dibaca, BIASANYA agak menyerupai huruf “Z”
13. huruf “E” ga bisa dipastiin apakah dibaca seperti pada kata “elang” atau “entok”. Nah untuk yg satu ini harus pake “feeling” hehehehe…

Udah segitu doang kok cara baca nya! Btw kalo di tipi kalian dapet siaran DWTV coba sekali2 nonton deh. Boleh juga dengerin lagu2 nya Xavier Naidoo ato Bintia, coz bisa merangsang feeling berbahasa, selamat mencoba! Oh iya kalo da yg butuh kamus jerman online bisa klik http://www.jot.de/kamus/

Entry filed under: german corner. Tags: .

My top three Bodyguard Paling Top!

3 Comments Add your own

  • 1. ashiya  |  February 23, 2011 at 9:21 am

    ada yg ketinggalan deh kayaknya

    nambah boleh yaaa ^^

    14. huruf “Z” dibaca “C” contoh: “zum beispiel” (arti: for example) dibaca “cum baispiil”

    Reply
    • 2. katja  |  February 25, 2011 at 3:33 am

      BETUL!! 10 jempol buat Ai ^^
      orang Jerman nyebut huruf Z sebagai [cet]
      makanya kalimat yg ada huruf Z dibaca C

      Reply
  • 3. ashiya  |  February 25, 2011 at 12:52 pm

    10 jempol? yg 6 minjem punya siapa eonn? hahahaha

    yg susah itu baca huruf e. masa pake feeling sih uuu~ —

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Katja on Twitter

Shinhwa – Hey Dude!

Categories

Recent Posts

my archives

Blog Stats

  • 276,512 hits

%d bloggers like this: