erste Kontakte (2)

December 28, 2009 at 5:54 am Leave a comment

Setelah sekiaaaaaan lama akhirnya gw lanjutin juga segment belajar bahasa Jerman bersama gw yg dodol ini hehe.. OK sebelumnya kita udah belajar bagaimana cara menanyakan kabar, nama, tempat tinggal, dan asal. Sekarang berlanjut menanyakan umur, pekerjaan, dan status (maksudnya udah kawin ato blom, bukan status facebook lho!!), kira-kira kalimat apa yang bisa diucapkan dalam bahasa Jerman, let’s find out:

1. menanyakan umur

Wie alt sind Sie? (berapakah umur anda?)
Ich bin zwanzig (20) Jahre alt. (umur saya 20 tahun)

sechszehn = 16
siebzehn = 17
achtzehn= 18
neunzehn = 19
zwanzig = 20
Pembahasan detail mengenai angka akan menyusul di post berikut nya

2. menanyakan pekerjaan

Was machen Sie? atau
Was sind Sie von Beruf? (apakah pekerjaan anda?)

Ich bin Student / Studentin (saya seorang mahasiswa/i)
Ich bin Arzt / Ärztin (saya seorang dokter)
Ich bin Lehrer / Lehrerin (saya seorang guru)

Note:
all professions in German have both a feminine & a masculine form, for example:
Student = mahasiswa laki2
Studentin = mahasiswa perempuan
Arzt = dokter laki2
Ärztin = dokter perempuan
Lehrer = guru laki2
Lehrerin = guru perempuan

3. menanyakan status

Sind Sie noch ledig? (apakah anda masih single)
Ja, ich bin noch ledig (ya, saya msh single)
Nein, ich bin schon verheiratet (tidak, saya sdh menikah)
Nein, ich bin verlobt (tidak, saya bertunangan)

PS: Mungkin banyak yg bingung kenapa blog gw yg notabene nya sering ngomongin bout korean wave kok  malah ngajarin bahasa Jerman bukan nya bahasa Korea. Jawaban nya simple: gw ga bisa bahasa korea!

Entry filed under: german corner. Tags: , , .

1N2D Attacks Facebook Park Chan Ho filed a suit

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Katja on Twitter

Shinhwa – Hey Dude!

Categories

Recent Posts

my archives

Blog Stats

  • 276,512 hits

