edisi curhat

September 14, 2012 at 3:49 am 3 comments

Gw ga punya maksud apa2 nulis artikel ini di blog, cuma sekedar ngeluarin keresahan di hati tanpa bermaksud menghina atau menyinggung pihak2 yg berpotensi untuk tersinggung *apa sih?*

Kemarin iseng mampir ke gramedia buat baca2 buku gratis tanpa berniat beli *harap maklum gw kan kere* hehehe.. Novel2 baru ga ada yg seru, buku resep masak cuma gitu2 doang, komik jepang udah ga berminat lagi, akhir nya gw baca buku2 agama (alhamdulillah ya lagi insap), setelah itu pindah ke rak sebelah banyak buku2 tentang kerajinan tangan, terus lanjut ke buku2 tentang tumbuhan dan pertamanan. Nah kebetulan rak buku pertamanan berhadap2an sama rak buku tentang artis2 korea. Eh ada muka seunggi tuh di salah satu buku korea, asiiiik ada 1 yg udah dibuka bungkus plastik nya berarti boleh dibaca secara gratis *ditabok penjaga toko* hehehe..

Detik pertama gw buka buku itu pas banget di halaman yg bahasan nya tentang nickname seunggi yaitu HEODANG, dikasi penjelasan siapa yg ngasi julukan heodang dan apa arti dari julukan tersebut. I smell something fishy, kok kalimat2 nya familiar banget ya buat gw, pemilihan kata perkata nya pun tepat SAMA PERSIS kaya dulu gw pernah ngejelasin istilah heodang, jangan2 ini buku bikinan gw? tapi kayanya gw blm pernah ngeluncurin buku apapun tuh! *bitter smile*

Well karena penasaran gw baca semua bagian di buku tersebut yg ngebahas seunggi (buku itu ngebahas aktor2 korea lain, bukan cuma seunggi doang) ohohoho…I got the answer, ternyata sekitar 40% bahasan tentang seunggi di buku itu merupakan copy-paste dari artikel ini, pantesan aja gw familiar sama kalimat2 nya lha wong yang nulis artikel itu temen2 gw sendiri hehehe.. Saking kepo nya gw baca juga dong daftar pustaka nya (niat banget) dan bener aja disitu ada alamat wordpress nya FAI, selain itu juga ada alamat blog nya Tryp dan Yoke. Bagi yang penasaran sama wujud penampakan buku nya bisa liat gambar di bawah ini, tapi gw sengaja ga mau sebut judul dan nama penerbit nya karena gawat kalo buku ini ngetop gara2 numpang promosi gratis di blog gw hehe..


First of all, atas nama pribadi gw berterima kasih karena buku itu mencantumkan alamat website FAI di daftar pustaka, memang sudah demikian aturan main dalam penulisan yg baik dan benar harus mencantumkan sumber. Tapi kok ya secara moral berasa kurang etis kalimat2 dari sebuah website di-copy-paste (dalam arti harfiah, beneran kalimat2 nya persis SAMA) tanpa minta izin dulu sama pemilik website yg bersangkutan, apalagi kemudian hasil copy-paste tersebut dipublikasikan untuk kepentingan komersil. *ahemmm* Sebagai salah 1 orang yg ikut sedikit bantuin nulis artikel tersebut gw merasa ga dihargai *background music nya nya pake lagu HURTS shinhwa biar berasa makin lebay* hehehe..

Masalah minta izin ini bukan berarti gw nyinggung tentang royalti penjualan buku lho ya, CATET! Maksud gw kalo sebelom nya minta izin dulu sama pemilik blog yg bersangkutan kan bisa dikasi tau info mana yg beneran 100% fakta dan mana yg baru sebatas asumsi doang. Kejadian kaya begini bukan yg pertama kali menimpa FAI, dulu situs berita artis yang ini juga pernah copy paste artikel yg sama dan ga cantumin sumber sama sekali, parah banget! Tapi ya udah lah terima nasib aja😆

This problem is not a big deal for me, gw ga nganggep masalah ini serius dan ogah memperpanjang urusan, cuma mempertanyakan aja bukannya setiap isi blog itu hasil karya ya? secemen apa pun isi blog nya tetap patut dihargai ga sih? *tanyakan pada rumput yg bergoyang*

PS: kalo kamu bisa baca info2 gratis lewat internet trus ngapain ya buang2 duit 40 ribu-an buat dapet info yg sama? mending duit nya buat beli buku ilmu pengetahuan ato buku pelajaran, nah it’s just my 2 cents!

Entry filed under: ga penting. Tags: , , , , , , .

Dooloop Song Zomdy’s Gamja Bokkeum

3 Comments Add your own

  • 1. reglest  |  September 14, 2012 at 6:41 am

    Indeed, gak ngerti apa gunanya buang uang? Apalagi kalau sekadar copy paste…yg namany daftar pustaka, seharusnya hanya sebagian kecil, bukan comotan seluruhnya.

    Well..

    Reply
  • 2. Mich  |  September 14, 2012 at 8:34 am

    Positif nya.. Berarti tulisan kita keren bisa langsung di copas and dijadiin buku tanpa perlu di edit.. So we are the writer not her or him kkkk..

    Nasib fandom.. Kerja amal dan gratisan, ga da yg hargain..

    Reply
  • 3. mpink chan  |  September 14, 2012 at 10:30 am

    stuja ma michon bearti tulisan kalian keren..ahaha,,mpink sih jarang nyumbang ide apalg brita.. *admin tak berguna* T.T

    btw g jg liat tuh buku jok wkt g plg indo kmrn.. tp ga niat baca.. abis yakin isinya pasti itu2 ajah yg bisa lgsg g tanyakan pd kalian admin2 tercinta…ato mala kadang ada yg suka sotoy bkin males bacanya jd drpd buang wkt tak qu sentuh…ahahahaha…

    trs qt bs kok ngajuin komplain tuk masalah resource nya *klo qt kepo bs nuntut jg.. ehem ehem* kkkkk

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Katja on Twitter

Shinhwa – Hey Dude!

Categories

Recent Posts

my archives

Blog Stats

  • 276,586 hits

