Dibalik Layar Video Keramat

December 2, 2012 at 8:22 am 3 comments

JKT-love-LSG
D – 43
Kisah dibalik layar dimulai dari rapat ibu2 PKK buat acara fanmeeting. Salah satu agenda yg dibahas adalah pembagian jatah kerja. Gw begitu tau dapet tugas bikin video langsung bengong garuk2 ketek. Kalo sering baca blog gw pasti udah tau bahwa gw adalah makhluk tergaptek tentang komputer, sebelas duabelas lah sama Kang Hodong! Nah trus sekarang katja si makhluk gaptek ini disuruh bikin video?! Aaaah stress! Saking stress nya sampe dompet gw masuk ke tong sampah, untung ada Dije sang pahlawan bertopeng yg bantuin ngubek2 tong sampah *ketjup dije* hehehe.. Sebenernya gw emang dari dulu suka utak atik video, tapi karena faktor gaptek cuma bisa pake movie maker doang, program video editor yg lain mah gw nyerah deh, angkat tangan! Lagipula selain gw sebenernya diantara ibu2 PKK itu ada yg ngerti cara utak atik video, tp karena mereka kebagian jatah kerja yg jauh lebih ribet maka gw jadi ngerasa ga enak hati untuk nolak kerjaan yg bisa dibilang sederhana. Akhirnya dengan pasrah dan muka lempeng gw terima tugas itu..

D – 38
38 hari menjelang hari H dan gw masih nge-blank, ga tau sama sekali mau bikin video macem apa! Kalo misalnya yg disuruh bikin video adalah orang yg nonton fanmeeting di s’pore sih masih mending, krn dia mungkin bisa dapet contoh dan gambaran dr video di s’pore, lha sedangkan gw ga ikut fanmeeting di sana, bahkan nonton fancam nya pun nggak mau krn takut kabita. Akhirnya gw puter otak semaksimal mungkin, dan pada akhirnya dapet ide sebagai berikut: biasanya kan airen yg nontonin seunggi di video, nah coba kalo dibalik jadi sekarang giliran seunggi yang nontonin airen di video, oke deh jadi garis besar nya jenis video yg akan gw bikin adalah VIDEO MESSAGE!  Tapi blm apa2 gw udah jiper duluan, gw mikir emang ada gitu yg mau repot2 ngerekam video dan kirim ke FAI? kalo nantinya yg kirim video cuma 3 orang gimana? Hadeuuuuh, pusiiiiing! Oke gw akhirnya memutuskan menganut sistem jemput bola, daripada minta dan nunggu airen lain untuk ngerekam masing2 lebih baik gw aja yg turun langsung ke lapangan buat ngerekam para airen, dan besok adalah saat yg tepat untuk turun ke lapangan krn ada penjualan tiket secara offline di MTA maka otomatis bakal ada gerombolan airen yg berpotensi untuk direkam.

D – 37
Gw dateng sore ke MTA dan sempat menjadi saksi moment bersejarah yaitu “pertemuan perdana antara ella dan masnya” hahaha.. Gw segera menjalankan misi utama untuk ngerekam para airen, tp sayang nya mayoritas yg dateng pada pemalu dan menolak untuk direkam *mewek garuk2 ketek* alhamdulillah ada beberapa yg baik hati dan bersedia gw rekam, aseeeek! Rata2 sebelum direkam mereka ngajuin pertanyaan serupa “ini direkam buat apa ya?” gw jawab sambil nyengir “buat dokumentasi” trus nanya lagi “harus ngomong apa pas direkam?” nah lho gw juga bingung mau nyuruh mereka ngomong apaan secara gw belum nentuin tema untuk video message. Akhirnya gw putusin untuk free style aja, terserah mau ngomong apapun di depan kamera boleh, bahkan nyanyi pun boleh.

D – 29
Beberapa video hasil jemput bola ngerekam di MTA ga begitu memuaskan karena mayoritas volume suara nya kecil banget alias mendem, dengan berat hati gw memutuskan untuk menjalankan rencana alternatif yaitu minta followers FAI buat ngerekam video masing2 dan dikirim lewat email. Agak ragu apakah rencana ini bakal sukses ato ga, karena baru pertama kali ini FAI bikin project video beginian. Oke setelah bertapa sehari semalem gw mendapat ide buat bikin video message yg menunjukkan cinta para airen ke Seunggi *ide nya standar banget, PLAAAK!*

D – 27
Dapet info dari Mich bahwa durasi video message cuma diperbolehkan 3 menit, kurang boleh tapi lebih ga boleh! Udah gitu contoh video nya mau dilihat dulu sama pihak EO apakah layak tayang atau nggak, okelah kalo cuma dilihat sama EO ga masalah karena setau gw orang2 nya baik dan ga terlalu banyak aturan kaya si tante kait ahemmm.. Trus Mich bilang bahwa EO mau liat video nya SESEGERA MUNGKIN, nah lho gimana mau sesegera mungkin lha wong video yang ada di gw hasil jemput bola cuma ada 4 yang layak tayang karena suaranya keras sedangkan 7 lainnya suaranya mendem. Mich ngeluarin jurus ngerayu “tolong diusahain deh Jok, video dicampur sama foto2  aja gimana? aku juga bingung.. yang suaranya mendem dibuatin text aja subtitle in English hehehe..” uwooooooh si Katja yg super duper gaptek ini disuruh bikin video bersubtitle? situ kaga salah ngomong? saat itu pengen rasanya gw sambit Mich pake hepikol..

D – 25
Berbekal 4 video seadanya dan kumpulan foto2 narsis para airen yang gw colong dari facebook akhirnya jadilah sebuah video message abal2 buat dikasi unjuk ke pihak EO, kalo pake istilah penyanyi2 korea ini tuh semacem teaser MV hehehehe..

D – 19
Batas akhir pengiriman video udah lewat, maka gw mulai mendownload video2 yg masuk ke email, kaget dong gw ternyata banyak yg berbaik hati ngirim video, WOW MAGIC, terima kasih banyak ya terharu lho gw! Selesai download, gw jejerin semua file2 video dari airen, lho kok format video nya pada aneh2 sih, kayanya udah gw tulis dengan jelas di blog FAI deh format video apa aja yg gw perbolehkan, karena gw kan bikin video pake movie maker dan cuma video format tertentu aja yang bisa dimasukin ke movie maker buat diolah! Hadeuuuuh, kepala gw berasep! Gebrak meja, sambit hepikol, gigit sendal! Hampir mau gw delete beberapa video yg format nya ga sesuai kriteria, tapi gw langsung dipelototin sama ibu2 PKK dan disuruh googling tentang video converter, dan disaranin download total video converter. Hehehehe..lagian udah tau gw gaptek belum kenal yg nama nya video converter, lha itu bocah2 masih aja nekat kirim format video aneh2, weleh2.. *getok diri sendiri pake hepikol*

D – 18
Karena jumlah video yg diterima sungguh banyak, dan itu diluar dugaan maka masalah baru pun muncul yaitu gimana caranya masukin semua video supaya muat durasi 3 menit, widiiiiih mission impossible! Akhirnya dengan berat hati gw HARUS bikin 2 versi video, yaitu versi 3 menit yg akan tayang pada saat fanmeeting, dan versi 5.5 menit yg akan di-burn ke CD dimasukin ke message book. Aduuuuh gw udah meramalkan pasti bakal ada kecemburuan antar airen karena video nya ga tayang pada saat fanmeeting nanti, tapi mo gimana lagi? durasi 3 menit itu udah ga bisa ditawar2 lagi sodara2, jadi maaf kan lah saya *sujud sungkem* gw terpaksa sortir video mana yg akan tayang pada saat fanmeeting, beberapa kriteria yg gw gunakan yaitu: video harus bersuara keras, pencahayaan video cerah (terutama yg shooting nya outdoor), kualitas video bagus (pixel nya besar), gw utamain juga video yg unik biar penonton ga bosen, last but not least video airen dari luar jakarta emang jd prioritas untuk ditayangin supaya mewakili dari seluruh wilayah indonesia..

D – 17
Video nya udah hampir selesai, tinggal milih background music yg tepat. Gw dari awal udah berencana pilih BGM yang hanya berupa musik aja tanpa suara vokal supaya ga mengganggu suara airen yg berkoar2 di video, tp ternyata susah banget ngedapetin musiknya. Gw bongkar koleksi mp3 instrumen lagu2 Seunggi yg gw punya tapi kok kedengeran kaya musik di karaoke ya, akhirnya gw beralih ke instrumen lagu2 Shinhwa tapi ga ada yg cocok juga sama video nya. Karena mentok ide akhirnya gw ubek2 youtube mencari musik yg bagus, disaat itulah the cute couple from K-drama “Reply 1997” Eunji dan Seo Inguk datang memberi secercah harapan buat gw, akhirnya gw menemukan BGM yg tepat..

D – 16
Setelah jungkir balik lalu koprol 3 kali sambil bilang wow akhirnya video message selesai dibikin. Segera gw upload ke youtube dan ngasi link nya ke ibu2 PKK supaya dikritisi, kira2 hal apa yg kurang biar bisa gw revisi video nya mumpung masih ada waktu 16 hari sebelum hari H. Masukan yg gw terima rata2 nyuruh gw ganti font huruf, okelah kalo begitu, piece of cake! Trus gw juga disuruh nambahin unsur2 indonesia di dalem video itu, nah kalo yg ini susah2 gampang bwehehehe..

D – 7
Sesuai permintaan ibu2 PKK maka font huruf udah gw ganti, tinggal nambahin unsur2 indonesia ke video, gw tuh sampe bela2in selama 2 hari ngubek2 video pariwisata indonesia supaya dapet ide cemerlang, tapi gagal sodara2, seop seop hae.. (untung cuma 2 hari, kalo sampe hari ketiga gw masih ngubek2 video pariwisata kayanya gw bakal mencalonkan diri jadi menteri kebudayaan dan pariwisata!) Reglest ngasi ide supaya peta indonesia dimasukin ke video, okelah peta gw masukin sekalian sama bendera merah putih biar mantep, ROFL! Akhirnya tugas gw selesai, REVISI VIDEO MESSAGE UDAH SELESAI, joget gelombang bareng Hodong! Gw sengaja upload video nya ke mediafire bukan youtube dengan tujuan supaya pas nanti di-download sama pihak EO kualitas nya tetap sama. Itupun nge-upload nya sambil nangis darah krn pas proses upload udah 98% mendadak internet mati, emaaaaak~

D – 5
5 hari sebelum hari H gw pikir udah bebas tugas tapi ternyata gw salah besar. Siang itu ditengah2 gw lagi sibuk ngajar mendadak Mich kirim sms “Jok, gw telpon dari kantor ya, tolong diangkat!” feeling gw udah kaga enak baca sms itu.. Dan bener aja Mich nelpon ngasi kabar kalo video message nya mo dilihat dulu bukan cuma oleh pihak EO tapi juga pihak management Seunggi yg bawel dan super rempong, maknyosssss! Mich minta tolong supaya video nya di-upload ke youtube sesegera mungkin, dan ada kemungkinan video nya bakal kena sensor karena video negara lain juga ada yg kena sensor dan harus diperbaharui, emaaaaaak! Kalo sampe gw harus revisi video lagi kayanya tenaga gw udah ga sanggup, ibarat batere HP maka gw udah sampe pada tahap lowbat maksimal, moreover I already deleted all airen videos from my PC!! Alhamdulillah Tuhan masih sayang sama gw, selang beberapa menit Mich ngetweet ngasi info bahwa video nya lulus sensor, April juga ikut ngetweet “chukae~” sedangkan gw duduk lemes di pojokan berasa habis lolos dari lubang jarum neraka..

D – 1
Besok adalah the D day, uhuuuuy! Malam itu gw dan ibu2 PKK numpang menginap di apartemen taman anggrek, jam menunjukkan hampir tengah malam tapi tangan gw masih sibuk nempel2in nama pemilik tiket ke amplop yg bakal dipake buat nyimpen tiket fanmeeting. Tiba2 Mich ngomong ke gw “karjo, video nya diminta dalam format MOV” dengan kata lain gw harus convert itu video keramat krik..krik..krik.. gw jawab dgn muka lempeng “gw ga bawa leptop, gimana dong?” ngerti kondisi gw yg lagi ngedrop Mich langsung balik jawab “nanti dipinjemin leptop nya Retha, sekarang lagi diambil dulu leptop nya, mending lo tidur dulu aja ntar gw bangunin kalo leptop nya udah dateng” okelah kalo begitu gw bergegas ngeloyor ke sofa ruang tamu, pasang posisi wuenak, ga nyampe 2 menit gw udah tidur dgn cantik di sofa, katanya sih pules banget!

the D-day (1 AM)
Sekitar jam 1 pagi gw dibangunin “Jok, leptop nya dateng tuh!” gw bangun, duduk di sofa, garuk2 kepala, ngumpulin nyawa, ngedumel dalem hati: video keramat sialan!! Dengan setengah hati gw samperin leptop nya Retha, selidik punya selidik ternyata ga ada program video converter di leptop itu berarti gw harus download dan instal dulu, nah lho ribet deh, untung Ulil berbaik hati menyediakan koneksi internet lewat android nya, cup cup muah buat Ulil, u’re my hero! Selesai converting, gw coba nonton video nya takut ada yg ga beres, dan bener aja itu video macet di tengah jalan sodara2 *gebrak meja* setelah menghela napas panjang gw coba convert video nya sekali lagi sambil baca bismillah, dan kali ini hasilnya memuaskan, kekuatan doa emang ga ada tandingan nya sodara2.. Selesai menunaikan tugas maka gw balik lagi ke sofa untuk tidur, tapi ternyata tempat tidur gw udah disamber orang lain hehe..nasib..nasib! Karena semua kasur dan sofa udah penuh maka terpaksa gw tidur di lantai beralaskan selimut, tapi jangan sedih karena ada Ulil dan April yg setia menemani gw tidur di atas selimut, kami bertiga adalah trio pepes bahagia makmur sejahtera!

the D-day (3 PM)
Seunggi lagi rehearsal di dalam venue, gw lagi di booth nya FAI (baca: booth neraka) ngurusin pertiketan, kedengeran dengan jelas lagu2 yang lagi dipasang di dalem venue, trus mendadak ada 1 lagu yang familiar banget di kuping gw tapi bukan lagunya Seunggi, tak lain tak bukan itu lagu “all for you” berarti video keramat lagi dicoba dipasang sama crew fanmeeting, gw senyam senyum di dalem booth..

the D-day (beberapa menit sebelum video message ditayangkan)
Gw duduk manis di barisan reguler menikmati game yang lagi dijabanin Seunggi dan beberapa airen di atas panggung, HP gw bergetar ternyata si Ulil kirim sms “Jok, ke backstage sekarang!” aaaah padahal di lubuk hati terdalam gw masih pengen lanjut nonton game hehehe.. Selesai game Dave Hendrik ngasi pendahuluan sepatah dua patah kata setelah itu baru deh video keramat dimainkan. Gw jongkok di backstage ngeliatin layar yg lagi nampilin video, di depan gw berbaris rapi Ella, Dije, April, Ulil yg juga jongkok tapi bedanya tatapan mata mereka lurus ke depan mungkin ngintipin Seunggi di atas panggung. Aaaah gw pengen liat ekspresi muka Seunggi pas nonton video itu, apa dia suka video nya, apa dia cengar cengir, apa dia malah lempeng aja, hiks..hiks..gw penasaran! Video berdurasi 3 menit selesai tayang, gw denger suara tepuk tangan meriah dari penonton yg hadir, saat itu mendadak semua rasa capek dan sebel yang numpuk beberapa hari kemaren gara2 video keramat langsung sirna, gw cengar cengir sambil bergumam dalem hati “seunggi-yah, although it’s just a simple video, but I hope u like it~”

Epilogue: Bagi kalian yg mau download video tersebut versi panjang berdurasi 5.5 menit bisa klik di sini. Gw sadar banget bahwa video di atas terlalu standar dan biasa2 aja untuk ditayangin di acara besar semacam fanmeeting, tapi kenyataannya itulah usaha paling maksimal yg bisa gw lakukan, jadi tolong maafkan lah gw yg gaptek ini. Kalo misalnya ada yg mau menyampaikan rasa ga suka nya sama video itu, atau mau protes kenapa video rekaman nya ga tayang, atau sekedar mau maki2 gw karena ga becus bikin video bisa kirim email ke katja.airen@yahoo.com gw janji ga bakal gantian maki2 kalian kok, you can keep my words!

Entry filed under: ga penting. Tags: .

Akhirnya Ketemu Seunggi!!! Official Youtube Account For 1 Night 2 Days Season 1

3 Comments Add your own

  • 1. reglest  |  December 2, 2012 at 12:19 pm

    I heart you Jo~
    Ttd: malaikat maut yang bangunin lo di D-day, teman keringatan booth neraka, dan teman bengong…

    Reply
  • 2. tatalitta  |  December 6, 2012 at 10:06 am

    All for you dah, Jo…6 jempol dehhhh.

    Reply
  • 3. mpink chan  |  December 13, 2012 at 1:11 pm

    klo jempol g ada banyak g ksh semua jok..berhubung cuma punya 4 jempol ksh semua buat u jok.. ahahaha.. klo g suru bkin video jg g da ikutan u garuk ketek..*nasib gaptek juga*

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Katja on Twitter

Shinhwa – Hey Dude!

Categories

Recent Posts

my archives

Blog Stats

  • 276,512 hits

