Eggless Choco Steamed Cake

June 18, 2015 at 9:14 am 1 comment

Kalo gw dateng pengajian atau pergi ke rumah temen sambil bawa makanan suka ada yang komentar “rajin banget lo bikin ginian, udah jago ya sekarang” beuuuh~ pengen rasanya gw pelototin itu oknum pake tatapan sinar ultra laser, jago dari hongkong, lagian kan gw betina bukan jago! Sesungguhnya makanan2 yang gw bagi2in, dan resep2 yang gw upload ke blog, itu cuma segelintir kecil percobaan masak gw yg sukses, karena sejatinya yang gagal lebih banyak daripada yang sukses, jadi masih yakin kah anda nyebut gw jago wahai kisanak? bwehehehe.. Dan nyesek banget rasanya kalo percobaan masak yang gagal total itu pake bahan2 makanan yang mahal, salah satu contoh nya telur, booook telur lagi mahal gitu loh!! Oleh karena itu gw lagi giat mencari resep yang tanpa telur, jadi kalaupun gagal ya gak nyesek2 amat, dan ketemu lah gw sama resep bolu kukus coklat tanpa telur ini, tapi biar kerenan dikit namanya di judul paling atas gw tulis pake bahasa inggris. Bolu kukus ini menurut gw enak, tekstur nya agak mirip brownies kukus, dan murah meriah makanya gw tulis resepnya di blog ini supaya kapan2 klo mau bikin lagi tinggal nyontek disini. Ini resep minimalis cuma cukup buat 10 cups, klo pengen lebih ya tinggal di-double aja resep nya. Yuk ah langsung ajah ke resep..

Bahan:
100 gr terigu protein sedang
80 ml susu kental manis coklat (2 sachet)
2 sdm coklat bubuk (boleh diganti milo)
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt baking powder
60 ml margarin dicairkan
120 ml air hangat
4 sdm gula pasir
1 sdt vanili bubuk

Cara membuat:
– Larutkan air bersama dengan gula, susu kental manis dan coklat bubuk.
– Ditempat terpisah campurkan terigu, baking soda, baking powder , dan vanili.
– Tuang larutan air coklat ke campuran tepung sedikit2 sambil diaduk rata dan tidak ada tepung yg menggumpal.
– Tambahkan margarin cair ke adonan, aduk rata.
– Kalo punya choco chips bisa tambahin ke dalam adonan biar tambah nendang coklatnya. Gw punya choco chips tapi lupa masukin hikss hikss.
– Siapkan 10 loyang cup kecil, dan 10 kertas cup kecil. Taruh kertas cup ke dalam loyang.
– Tuang adonan ke dalam loyang yg sudah dialasi kertas. Jangan menuang adonan terlalu penuh, cukup 3/4 tinggi kertas cup.
– Kukus dengan api sedang selama 30 menit
– Jangan buka tutup kukusan. Ciri khas bolu kukus itu kan atas nya berbentuk mulut orang ngakak. Nah kalo kukusan dibuka sebelum waktunya nanti bolu nya batal ngakak alias mingkem.
– Setelah 30 menit cek kematangan dengan cara menusuk bolu pake tusuk sate, klo ga ada yang lengket nempel ke tusukan berarti sudah matang.
image

Entry filed under: ga penting. Tags: , , .

Roti Goreng Mozzarella JUAL: Lee Seung Gi Autographed CD

1 Comment Add your own

  • 1. vanny  |  June 24, 2015 at 9:12 am

    temen gw biasanya kalu dia masak bolu kukus dikasi sprite, ga tau buat apa tapi emang lbh enak pake sprite

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Katja on Twitter

Shinhwa – Hey Dude!

Categories

Recent Posts

my archives

Blog Stats

  • 276,512 hits

