Simple Kimbap

February 26, 2016 at 3:25 am Leave a comment

Setiap kali nongki2 cantik di MuGungHwa bisa dipastikan gw selalu pesen kimbap haha~ iyah betul neng Hayati ini doyan, pake banget, sama yang namanya kimbap, apalagi kimbap nya dicocol ke saus tteokbokki, beuuh~ Park BoGum lewat pun ga bakal gw tengok saking sibuk ngunyah, sebenernya mah klo dipikir2 ga ada yang spesial yah dari kimbap, cuma nasi yang digulung pake sayuran dan rumput laut, rasanya ya cuma gitu doang, tapi aku sukaaaaak! Selain bikin perut kenyang harganya juga murah hihihi.. Dan ternyata bikin sendiri di rumah pun gampang. Dari dulu sebenernya hasrat hati ini pengen bikin kimbap, tapi kok cari nori yg ukuran lebar susyeeh bingits. Sampe akhirnya ga sengaja nemu toko bahan kue yang komplit nya kebangetan (bikin dompet selalu jebol) eh disitu jual nori besar ukuran 19x21cm, iiiih bahagia dong sayaaah. Nah kali ini lagi gaya2an bawa bekal dari rumah, ceritanya si Hayati ini lagi ga enak badan, oleh karena itu kaga boleh jajan sembarangan dan harus minum obat, jadi biar aman mending bawa bekal aja, dan pilihan bekal sayah jatuh ke kimbap! Resep ditulis di sini dengan maksud klo besok2 mau bikin lagi Hayati gampang nyontek nya kakaaak.. Cusss, langsung ke resep di bawah ini yak!

image

Bahan nasi:
– 180 gram beras
– 20 gram beras ketan super
– 300 ml air

Penyedap rasa untuk nasi:
– 2 sdm minyak wijen
– 1/2 sdm cuka apel
– 1/2 sdm gula halus
– 1 sdt garam

Bahan isi:
– 1 buah timun potong memanjang
– 1 buah wortel potong memanjang
– 1 buah sosis bockwurst belah memanjang jadi 4 bagian
– 1 buah telur ayam kocok lepas, beri sejumput garam, dadar, potong memanjang
– 2 sendok makan kecap asin, untuk perendam wortel dan timun

Bahan lain:
– 2 lembar nori ukuran 19×21 cm
– Bamboo mat (tikar penggulung sushi) untuk membantu menggulung dan mengencangkan gulungan.

Cara membuat:
1. Masak nasi dengan rice cooker.
2. Siapkan bahan isian selagi nasi dimasak. Biarkan ketimun dalam kondisi segar. Wortel direbus sebentar, tiriskan. Letakkan timun dan wortel di mangkuk dan tuangkan kecap asin. Aduk rata. Sisihkan.
3. Goreng sosis dengan sedikit margarin, angkat dan tiriskan.
4. Dadar telur dengan sedikit minyak, tiriskan.
5. Potong-potong telur dan sosis memanjang seukuran wortel dan timun.
6. Ambil sekitar 350 gram nasi panas beri larutan penyedap rasa sambil nasi di aduk hingga rata dan nasi menjadi agak lembab dan lembek serta menempel satu sama lain. Kipas-kipas nasi selama diaduk agar uap air hilang.
7. Ambil bamboo mat, letakkan selembar nori di atasnya (bagian yang mengkilat di bawah) dengan sisi yang lebih panjang searah gulungan.
8. Ratakan nasi di atas nori dengan menggunakan sendok sambil sedikit ditekan-tekan.
9. Tata isian di atasnya agak bertumpuk agar tidak terlalu menghabiskan space.
10. Gulung dan kencangkan dengan bamboo mat agar nasi padat dan menempel dengan baik.
11. Potong-potong dengan pisau tajam yang dioles sedikit minyak agar tidak lengket. Ketebalan sesuai selera, biasanya satu gulung gw potong jadi 6 atau 8 buah.

Entry filed under: ga penting. Tags: , , , , .

Minta Air Sama Seunggi Fettuccine With Baked-Beans Sauce

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Katja on Twitter

Shinhwa – Hey Dude!

Categories

Recent Posts

my archives

Blog Stats

  • 276,512 hits

%d bloggers like this: